Ketahui Lebih Banyak Tentang Digital Entrepreneurship

Foto oleh Ekonomi Kompas


Seperti yang kita ketahui, tren yang sedang banyak di gandrungi atau diminati oleh para masyarakat terutama remaja saat ini adalah Digital Entrepreneurship. Di era Revolusi Industri 4.0 ini, Kemampuan literasi digital itu sangat penting untuk dimiliki oleh para masyarakat terutama generasi muda salah satunya adalah mahasiswa. Kewirausahaan tidak lepas dari peran penggunaan IT atau Ilmu Teknologi. Hal ini dikarenakan jika kita dapat menguasain IT itu berarti kita dapat berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru dan menarik untuk usaha kita kedepannya. Prospek digital di Indonesia kedepannya seperti implementasi teknologi dan informasi di olah dan kemudian di rencanakan kedepannya prospeknya akan seperti apa. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak melompat terlalu jauh atau terlalu terburu-buru dalam melakukan suatu hal. 

Kewirausahaan digital adalah upaya pemanfaatan teknologi dan informasi dalam bisnis yang semakin banyak diminati oleh masyarakat. Jadi tak perlu heran, jika saat ini sudah marak yang namanya bisnis digital. Bukan hanya dari kalangan milenial saja yang bergelut dalam bidang ini, tetapi juga orang yang sudah dewasa turut melakukan bisnis digital ini. Hal ini dikarena bisnis digital yang mudah untuk diikuti oleh semua orang dan yang pastinya bagi orang yang benar-benar niat dalam melakukan bisnis digital ini. Jika kita berwirausaha namun tidak menggunakan Teknologi Informasi ini cukup menjadi tantangan tersendiri, karena dalam berwirausaha kita harus mempunyai strategi bisnis. 

Strategi bisnis itu antara lain :

  1. Keunggulan kompetitif mengacu pada kepuasan pelanggan pada produk yang kita hasilkan seperti ketepatan pemotongan makanan, rasa makanan, kemasan makanan tersebut apakah rapi atau tidaknya, dan lain sebagainya.
  2. Omnichannel yaitu bagaimana cara kita menghubungkan penjualan offline ke online.
  3. Big Data yaitu dengan menggunakan SAP Business One untuk pengambilan keputusan bysystem.
  4. Cybersecurity (perlindungan informasi perusahaan)
  5. DiginalCapability (Pendukung perusahaan masuk kedunia digital)

Untuk masuk ke dalam dunia digital ada tantangan dan peluang yang ada yaitu: 

  1. Mobile Internet (Peningkatan pengguna internet melalui mobile sudah terealisasikan sehingga sudah bisa dikatakan masuk dalam dunia digital)
  2. CloudTechnology (Teknologi digital yang sudah meningkat untuk menyimpan semua data yang ada)
  3. Internet of Things (Kontrol sesuatu melalui internet contohnya GPS)
  4. Big Data and Advanced Analytics (Prediksi grafik perusahaan lebih akurat by data)

Pencapaian Indonesia dalam dunia digital antara lain tingginya penggunaan media sosial di dunia bahkan salah satu Ibukota nya dianggap Ibukota Twitter dunia dengan pendapatan e-commerce di Indonesia berjumlah USD 6 Miliar (T2016), karna 78% pengguna internet di Indonesia melakukan pembelian secara online dan 75% pembelian online tersebut dilakukan melalui perangkat seluler.Populasi pengguna internet juga meningkat. Dari mulai perusahaan start-up seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Selain itu juga digunakan pada financial services yaitu OVO,Dana, Gopay, dan lain sebagainya.

Prospek Mahasiswa. Terbangunnya pabrik modern yang dilengkapi dengan sensor dan mengirim operasi secara online ke bagian pengendali. Big data yang meningkatkan efisiensi kualitas, hasil, kondisi alat untuk pemeliharaan. Didukung oleh sistem online yang mengatur rantai pasokan serta akan adanya pekerjaan berbahaya, berat yang dilaksanakan secara otomatis. Sehingga akan bermunculan perusahaan tambang yang meningkat dan dilakukan dengan software. Kendaraan besar dilokasi seperti eskavator dan truk pengangkut akan berjalan tanpa pengemudi, sebagai gantinya dilengkapi dengan sensor. Demikian halnya dengan drone yang akan memantau data lingkungan seperti kualitas udara, suhu, dan cuaca.

Selain prospek diatas, ada juga toko ritel digital yang sudah tidak membutuhkan sumber daya manusia. Seorang pelanggan akan dapat menerima pemberitahuan tentang promosi pada saat pelanggan masuk ke toko yang dia tuju. Alat pencocokan baju yang terdapat di toko akan tampil secara digital. Pembayaran juga secara otomatis. Serta rak simpan yang secara otomatis mengisi stok berdasarkan data penjualan.

Ada beberapa kompetensi yang perlu ada dalam usaha kita :

  1. Komunikasi. Wirausaha perlu sekali keterampilan dalam komunikasi. Wirausaha harus bisa menjelaskan ide, promosi ke pelanggan serta berkomunikasi baik secara profesional.
  2. Financial. Memiliki kecerdasan financial untuk mengendalikan arus keuangan bagi usaha kita.
  3. Merek adalah citra yang usaha perlukan dalam berwirausaha. Seperti cara bicara, cara menanggapi email, dan cara memperkenalkan diri sebagai wirausaha. Banyak pernyataan yang mengatakan jika customer yang loyal, rela antri panjang hanya untuk bisa sebagai orang yang pertama yang membeli produk. Dan harga pun tidak jadi masalah bagi customer yang loyal. Saking dia sukanya apapun produknya, harganya berapapun serta kondisi lingkungannya bagaimana yang penting customer tersebut menjadi orang pertama yang memiliki produk tersebut.
  4. Marketing. Seorang wirausaha pasti memiliki produk yang dia jual. Jika tidak ada yang tahu produk itu berarti produk tersebut tidak berharga. Seorang wirausaha perlu memahami ilmu pemasaran digital sehingga mengoptimalkan pemasaran.
  5. Networking. Cari pelanggan-pelanggan sehingga makin luas jaringan-jaringan pelanggan yang kita bangun maka makin kuat pondasi bisnis kita.
  6. Automation atau melakukan hal yang sama berulang kali.
  7. Desain yaitu membuat produk-produk yang bagus dengan desain yang unik. Banyak wirausaha yang mengabadikan desain produk dengan terburu-buru sehingga mendapatkan kegagalan yang besar. Desain bukan hanya tampilan saja, tetapi bagaimana fungsi desain tersebut. Seberapa penting seorang wirausaha mengaplikasikan 7 kompetensi tersebut. Marketing adalah poin penting dalam membangun suatu usaha. Karena dalam melakukan marketing tersebut kita sudah berwirausaha sudah mencakup kompetensi lainnya. Jadi, bagi mahasiswa yang ingin mendalami digital marketing, bahwa produk sebagus apapun jika strategi marketingnya itu salah maka tidak ada orang yang tahu, kalau tidak ada orang yang tahu bagaimana produk kita bisa terjual. Tapi karena skala bisnis dunia sekarang memakai teknologi digital marketing maka kompetensi itu akan terlaksana.
  8. Analisis. Seorang wirausaha belajar menganalisis dengan menggunakan data yang spesifik. Jangan gunakan firasat atau insting. Belajarlah membuat keputusan dari data yang kita miliki. Karna dari data tersebut kita bisa mendapatkan satu kesimpulan yang lebih spesifik.
  9. Teknik. Pemrograman memang suatu keterampilan yang penting dalam dunia digital namun semua tidak harus bisa mengatur program tersebut. Pemahaman secara sederhana bagaimana kita membangun usaha kita secara digital dan berpikir secara terstruktur maka teknik dalam usaha kita pasti akan berjalan dengan lancar. 
  10. Learning atau pembelajaran. Pada era sekarang ini online learning adalah salah satu keterampilan paling penting di era digital ini yang akan membantu untuk meningkatkan kinerja pekerja kita. Learningbydoing itu salah satu pepatah yang harus ditanamkan dalam proses kompetensi ini. Karena dengan adanya pembelajaran ini akan semakin ada hasil yang akan menunggu di usaha kita kedepannya.

Nah, itu dia beberapa ilmu dan pengetahuan yang Pita bias sampaikan ke sobat pitaa di rumah. Pita dapat informasi tentang wirausaha digital dari salah satu dosen di kampus Pita loh. Semoga info yang Pita share di artikel kali ini bias membantu sobat pitaa yang mau memulai bisnis yaa. Well, see you next artikel guys.

Baca Juga: Pentingnya Teknologi Digital dan Informasi dalam Bisnis



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UMKM Go Digital di Masa Pandemi

Resensi Novel "Persona" Ilusi dan Mental?

Website Penyedia Font Gratis